Cara Promosi Baju Distro yang Efektif

Cara Promosi Baju Distro yang Efektif – Cara promosi baju distro bisa menggunakan berbagai strategi. Apalagi saat ini teknologi informasi memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih mudah dilakukan. Meskipun produk distro sifatnya terbatas dan hanya untuk kalangan tertentu, namun dengan strategi marketing yang baik produk distro bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mempromosikan baju distro, yang pertama adalah dengan menentukan tujuan. Target pasar apa yang akan Anda bidik, apakah langsung ke user atau ke reseller. Sebab beda target beda pula cara promosi yang dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk promosi bisnis baju distro.

Simak : Sistem produksi produk distro

 

Cara Promosi Baju Distro yang Efektif
Cara Promosi Baju Distro yang Efektif

Strategi Promosi Baju Distro

  1. Memberi diskon spesial

Strategi penjualan dengan mengurangi stock gudang ataupun stock yang ada pada reseller dengan menggunakan diskon spesial. Promosi ini sangat disukai pembeli ‘marjinal’. Yang dimaksud pembeli ‘marjinal’ adalah konsumen yang hanya membeli suatu produk ketika ada diskon. Pembeli ini kurang disukai perusahaan, namun siapa sangka jika pembeli ‘marjinal’ ini justru menjadi pelanggan setia Anda.

  1. Memberi bonus pembelian

Cara ini bisa digunakan untuk menjaring konsumen potensial membeli produk Anda dengan lebih banyak. Misalnya dengan membeli dua buah T-shirt pembeli akan mendapatkan bonus aksesoris berupa gelang atau slayer. Dengan demikian, mereka akan membeli baju distro dengan lebih banyak, yang artinya terjadi peningkatan transaksi.

  1. Melakukan desain khusus komunitas

Karena sifat distro adalah komunitas, maka Anda bisa memanfaatkan karakter ini. Misalnya saja Anda memilih tema otomotif untuk desain utama. Maka liriklah klub-klub merk kendaraan yang sudah ada dan dekati komunitas tersebut. Anda bisa melakukan penjualan langsung dengan tujuan meraih kepercayaan pelanggan. Jika produk Anda mengena di hati maka promosi ‘dari mulut ke mulut’ akan memberikan dampak yang luar biasa.

  1. Promosi online

Saat ini media online menjadi pilihan jitu sebagai sarana berpromosi karena jangkauannya yang lebih luas dan lebih efektif. Anda bisa langsung membidik target pasar sesuai sasaran. Langkah awal bisa dengan memanfaatkan media sosial. Dengan berpromosi di media sosial, teman-teman Anda akan mengetahui produk yang Anda tawarkan dan karena mereka sudah mengenal Anda maka mereka bisa menjadi pelanggan pertama. Berikutnya promosi berantai akan berlanjut hingga produk Anda dikenal luas di masyarakat.

Metode Branding untuk Lebih Diingat Konsumen

Branding adalah bagian penting dari suatu bisnis, karena dengan metode ini penjual bisa berjualan tanpa promosi langsung. Apalagi untuk pasar baju distro yang menyasar anak muda yang mencari keunikan dan sesuatu yang berbeda. Jika Anda melakukan produksi sendiri maka ini akan lebih mudah sebab Anda sudah memiliki branding sendiri. Seperti yang sudah dicontohkan, Anda menjual T-shirt dengan tema otomotif dengan desain foto mobil ‘lawas’ maka konsumen yang tertarik dengan gambar mobil ‘lawas’ akan langsung mencari brand distro Anda.

Masalahnya jika Anda menjadi reseller agak sulit mendapatkan branding sendiri. Cara menyiasatinya adalah dengan membuat branding untuk toko atau layanan Anda. Misalkan toko Anda hanya menjual kaus distro yang bergambar 3 dimensi dan glow in the dark. Maka konsumen akan mengenal toko Anda sebagai penjual kaos distro 3 dimensi dan glow in the dark. Ketika toko sudah ramai dan pemasukan meningkat, Anda bisa memulai untuk memproduksi merk sendiri dengan ciri khas toko Anda. Menciptakan branding pada bisnis distro Anda adalah cara promosi baju distro untuk tujuan jangka panjang.

Baca juga : Supplier kaos distro murah berkualitas